Jumat, 22 Maret 2013

SIDANG


Puji dan syukur panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan hidayah-Nya kepadaku. Dibulan maret ini tiada hentinya aku mengucap syukur dan sujud kepadamu ya Allah... Terimakasih atas segala pemberian nikmat Mu yang begitu luar biasa.

Tepat di tanggal 22 Maret 2013 aku melaksanakan sidang skripsi yang akan dilakasanakan pada jam 01.00 siang. Sebelum sidang rasa takut dan deg-degan teruusss merasuukkk di hati dan pikiranku (maaf mulai lebay).Dihari itu aku berangkat ke kampus dengan begitu lancar. Tak ada satu pun halangan transportasi dan trafic jakarta yang selalu macet. Saat dijalan, mama chat aku dan ayank telpon, mama dan ayank tak henti-hentinya memberikan semangat. Selalu mengingatkan ku jangan lupa berdo'a dan sarapan. Sesampainya dikampus, aku langsung bertemu dengan teman-teman seperjuangan yang sidang saat itu juga. Dan inilah aksi kita sebelum sidang, hehe...
ini masih ada 2 orang lagi yang belum datang dan satu orang yang fotoin kita. Dia ga mau difoto, katanya cowo ga terlalu narsis,hahaa... Ya sudahlah kalo begitu lumayan jadi tukang fotoin kita yang cewe-cewe narsis,hehe... Tak lama kemudian, pacarku telpon.

Ayank : "ayank kamu dimana?"
Aku : "di kampus"
Ayank : "kamu di gedung mana sih sidangnya?"
Aku : "di gedung K lantai 4"
Ayank : "sekarang kamu dimana?"
Aku : "aku di gedung K, di tempat waktu itu kamu nungguin aku bimbingan yank... kamu inget kan?"
Ayank : "ouhh di situ, aku udah di depan bank mandiri nih"
Aku : "ya udah kamu naik lift yang deket situ aja yank"
Ayank : "iya nih aku udah masuk lift"
...................................................................... (ga ada sinyal)
Ayank : "halo? ayank kamu dimana?"
Aku : "aku udh liat kamu tuh, kamu lurus-lurus aja"
Ayank : "ouh iya"

seneeennnnnggg bangeeetttt rasanyaaaa dia selalu ada disamping aku dalam moment apapun. walaupun dia lagi ada kerjaan di kantor, tapi dia sempatkan waktu untuk selalu di samping aku. Aku sayang banget sama kamu yank, makasih ya :')

Dan akhirnya kita makan siang dulu, terus ayank sholat jum'at dan aku balik ke lantai 4. Setelah ayank sholat jum'at, dia balik lagi nemuin aku dan nemenin aku sampai aku masuk diruang sidang. Saat itu, teman dekat aku datang dan dia mupeeennggg bangeettt ngeliat aku sidang di temenin pacar, hahaha... Ga lama kemudian, aku mulai mau masuk ke ruang sidang karena udah jam 1. Dan aku salaman sama ayank sekaligus minta do'a restu. Saat aku liat matanya, dan dia bilang "semangat ya ayank" aku tau dia yakin sekali kalo aku akan berhasil. Aku senang dan semangaatttt dengan kehadiran dia yang memberikan support. Setelah aku masuk ruang sidang, ayank balik ke kantor. Ga lama kita pisah, ayank sms aku ngasih semangat lagi. Dan ada chat dari mama yang nagsih do'a untuk dibaca terus sebelum masuk sidang. Perasaan aku saat itu sangaaattttt saaanggaaaatttttt sangaaattttt dag... dig... dug... ga karuan deh... Dan temen dekat aku bikin aku relax becandaan dan foto-foto gitu biar aku ga terlalu tegang. Tapi tetep aja senyum aku tegang, liat aja nih, hahaa...

Aku sidang giliran yang kedua. Pas teman aku yang giliran pertama masuk, aku ikutan deg-degan bangeeettttt... Dalam hati berkata "aduuhh itu kok lama bangeett yaaa didalem,duuhhh...". Pokoknya takut banget deh perasaan gue. Kacau balau campur aduk ga jelaassss gtu deehhh... Selama nunggu temen aku yang masuk pertama, aku ngobrol-ngobrol dan sesekali becandaan dikit biar agak tenang. Pas yang giliran pertama udah selesai, daaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnn SAATNYA GILIRAN SAYA!!! "Bismillah... ya Allah, berikanlah saya kemudahan" (dalam hati).

OK.......................

PERKENALAN....................................

penguji : "kamu orang gorontalo ya?",
Saya : "iya pak"
penguji : "gorontalo tuh masih di Indonesia ya?"
Saya : "iya pak"
penguji yang lain pun ketawa santai sambil makan cemilan
Penguji : "iya di Sulawesi ya"
Dan saya pun senyum tipis muka tegang
Saya : "ga lucu pak becandaannya, saya tegang ini" (dalam hati)

OK..............

START........................................

PERSENTASI.......................

PERSENTASI..............................................

PERSENTASI................................................................

Dan sampailah dimana penguji mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang membuat saya tegang dan pasrah sih sebenarnya. Bodo amatlah kalo ga bisa jawab juga yang penting masa-masa ini cepat terlewati. Dan ternyata saya hanya dikasih satu pertanyaan dan abis itu dikasih revisi-revisi sedikit dan saya sempat sakit menahan batuk sampai muka saya pucat dan mata saya berkaca-kaca.

Penguji : "kamu sakit apa nangis?"
Saya: "sakit pak, nahan batuk"
Penguji : "ouhhh ya sudah batuk aja ga apa-apa... ya ampunn... batuk aja batuk"
Dan saya pun akhirnya batuk dan legaaa bangeettt, hahahaa...
 
abis ituuuuu... Selesai... Dan saya disuruh keluar dulu sebentar untuk penguji berdiskusi dulu apakah saya lulus atau tidak. Pas saya keluar, temen-temen yang lain bertanya-tanya dan ada beberapa dosen juga. Ga lama kemudian, saya dipanggil lagi.

Penguji : "aduuhh kamu nanti aja deh ketemu saya 6 bulan lagi"
Penguji lain : "gimana niihh ga bisa saya kasih lulus ini sebenarnya"
Dosen Pembimbing : "iya pak saya juga begitu pak rasanya"

Dan saya pun hanya diam dan berkata dalam hati "ya sudah lah, manusia hanya berusaha tapi Tuhan yang menentukan segalanya, Tuhan tau yang terbaik"

Dan tiba-tiba...

Penguji : "iya, kamu lulus kok... selamat yaaa nilai kamu A

Alhamdulillah ya Allah Ya Robb....................................................................

Dan saya pun langsung salaman sambil mengucapkan terimakasih banyak sama penguji yang begitu luar biasa actingnya, hahahaa... dan  keluar ruang sidang, didepan pintu langsung ada teman dekat saya bertanya "lulus ga?". Dan saya menjawab dengan senyum "lulus". Saya langsung dipeluk dan diciuuuummmm sama dia. Dan saya langsung salaman juga sama Bu Curry dosen yang sangat berarti juga dalam skripsi saya ini. Senangnya tak terkira luar biasa ya Allah...  Tanpa berlama-lama, saya langsung kasih kabar gembira ini yang pertama sama papa, mama dan abis itu ayank. Mama langsung bales chat aku,

Mama : "Alhamdulillah nak... banyak-banyak bersykur ya nak..."
Saya : "iya ma... makasih ya ma..." (nangis dalam hati)
Mama : "iyaaa mama itu selalu do'ain kamu nak"
Saya : "iya maaa" (terharu)

Ayank bales chat,

Ayank : "SELAMET YA SAYANGKU"
Saya : "iya ayank"

Setelah Alfianto teman satu bimbingan selesai sidang, kita anak bimbingannya Pak Puspahadi B, Msi langsung berfoto-foto untuk mengabadikan kenangan ini.
     
Masih teringat dalam benak saya. Dulu sewaktu saya diajarkan sama beliau, saya takut sekali jika nanti saya skripsi saya mendapatkan dosen pembimbing dengan beliau. Karena jika dikelas beliau sangat tegas dan ekspresi mukanya sangat serius. Walaupun beliau pernah bercanda dalam kelas, namun beliau tetap tegas dan terkenal galak sebagai penguji di sidang. Namun pada akhirnya saya salah menilai bapak. Terimakasih bapak atas bimbingannya kepada kami selama penulisan skripsi. Terimakasih telah memberikan jalan yang lebar untuk menempuh masa depan kami. Terimakasih bapak atas jasa-jasanya yang tak akan kami lupakan. Sederhana mu... Kebaikan mu... adalah panutan untuk kami. Terimakasih Bapak Puspahadi B, Msi :') 

Dan satu lagi, dosen pembimbing saya yang satu ini selain wajahnya serius, namun penampilannya unik. Dari awal semester saya kuliah disini, beliau ga pernah pake kemeja selain warna putih dan dibagian kerahnya selalu ada sapu tangan. Celananya pun selalu warna hitam. Dan model tas nya itu lohh... lucu... Besar berwarna putih yang terbuat dari bahan go green. Sampai akhirnya saat berfoto bersama, semua orang diruangan tertawa karena melihat dosen pembimbing bajunya seragam sama mahasiswanya,hahaa... Dan beliau selalu naik angkutan umum padahal beliau memiliki perusahan konsultan pajak. Kesederhanan beliau yang patut di contoh. We love you pak :D

Setelah itu aku pergi minum-minum di kantin sebentar sama teman dekat dan Bu eka dosen yang dekat sama kita. Ga lama, aku pulang duluan karena mau ketemuan lagi sama ayank. Aku mau traktir dia makan dan skalian nge date lah, hahaa... Pas dijalan, papa telpon

Papa : "halo kak"
Aku : "iya pa"
Papa : "iyaaa selamat yaa..."
Aku : "iya pa"
Papa : "lagi dimana sekarang?"
Aku : "lagi dijalan pulang"
Papa : "ga mau pulang bareng papa?"
Aku : "engga pa, etha nanti bareng levy"
Papa : "ouh ya udh, hati-hati ya"
Aku : "iya pa"

Papa singkat banget ngomongnya... Tapi aku yakin papa pasti senang banget. Aku ngerasain itu walaupun di telpon. Makasih ya pa (dalam hati), hehe...

Setelah ketemu ayank, tadinya kita mau makan bebek kaleyo di Rawamangun, ternyata bebeknya abis. Sempat terjadi perdebatan sedikit dan akhirnya kita makan bebek sambel ulek di deket rumah aku. Lumayan enak juga ternyata... Abis itu ayank anter aku pulang, dan ayank pun kembali pulang. Sesampainya aku dirumah, aku langsung masuk kamar papa sm mama. Langsung disambut sama mama dan papa. Dipeluk... Dicium... dan aku langsung cerita-cerita curhaattt panjang lebaarrr dehhh, hahaa...Senang rasanya ya Allah...


Pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.      Allah SWT
2.      Bapak Prof. Dr. Thoby Mutis selaku rektor Universitas Trisakti
3.      Bapak Prof. Dr. H. Yuswar Zainul Basri, AK, MBA selaku ketua program Diploma IV Ilmu Keuangan
4.      Bapak Drs. Mulyadi, MSi selaku selaku sekretaris program studi
5.      Ibu Khristina Curry, SE, ME selaku Kepala Bagian Akademik
6.      Bapak Drs. Muhadi,MM.,MH selaku bidang kemahasiswaan
7.      Bapak Drs. Masfar Gazali, MBA selaku ketua konsentrasi perpajakan
8.      Bapak Drs. Puspahadi B, MSi selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir Utama
9.      Ibu Syofriza Sofyan SE, ME selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir Pendamping
10.  Seluruh dosen Diploma IV Ilmu Keuangan yang telah membekali ilmu selama ini kepada penulis sampai
dengan Tugas Akhir berlangsung
11.  Seluruh staff sekretariat Diploma IV Ilmu Keuangan yang telah membantu penulis selama masa perkuliahan sampai dengan Tugas Akhir.
12.  Bapak Asep Yaya Hudaya selaku Kepala Sub Bagian Umum KPP Pratama Jakarta Gambir Dua
13.  Bapak Juniar Adhie Aristyanto selaku Kepala Seksi PDI
14.  Bapak Eko Suharto selaku staff PDI KPP Pratama Jakarta Gambir Dua yang telah memberikan bantuan berupa sumber data primer untuk melengkapi Tugas Akhir
15.  Bapak Eko Suharto, Bapak Hery Sudaryanto, Bapak Syaiful Aziz, Bapak Rully Legha Hariwibowo dan Bapak Guntur Herprabangkoro selaku staf PDI KPP Pratama Jakarta Gambir Dua yang telah memberikan bantuan moril kepada penulis
16.  Mama dan Papa tercinta beserta keluarga yang telah memberikan doa dan dorongan baik  moril maupun materil demi kelancaran kuliah bagi penulis.
17.  Untuk kekasih tersayang Pahlevy Hasyim Nurrasyid Lubis yang telah memberikan doa, bantuan dan supportnya selama ini yang telah memberikan sinergi kepada penulis.
18.  Untuk saudara sepupu Jeff Yuristhiara Andhika Usman yang telah banyak membantu penulis menyebarkan kuisioner serta bantuan lain yang sangat berarti
19.  Untuk Teguh Andi Wibowo yang telah membantu penulis dalam hal olah data statistik di penulisan Tugas Akhir
20.  Untuk Fitriya Astutiningrum selaku sekretaris dosen pembimbing yang membantu penulis dalam hal bimbingan Tugas Akhir
21.  Untuk teman setia Citra Rachmawati Gian yang telah memberi masukan Tugas Akhir kepada penulis dan mensupport selama masa penulisan Tugas Akhir
22.  Untuk teman satu bimbingan Destria Ratna Harsono dan Yoshua Alfianto yang saling mendukung selama bimbingan bersama
23. Serta rekan-rekan seperjuangan di Diploma IV Ilmu Keuangan Universitas Triasakti semuanya yang
      tidak bisa penulis sebutkan satu-persatu, terimakasih banyak atas segala kebaikannya.


Finnaly, I finished college in 3.5 years and attained a Bachelor of Finance


Jakarta, 22 Maret 2013

Maretha Syahbania S.Keu

^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar