Selasa, 23 November 2010

tanya jawab masalah perbankan


1.      Bank merupakan instituisi keuangan yang paling penting di dalam perekonomian suatu Negara. Jelaskan perbedaan antara lembaga keuangan bank dengan lembaga keuangan non  bank! Bagaimanakah mekanisme transaksi perbankan? Jelaskan fungsi/kegunaaan perbankan bagi anda & masyarakat?
Jawab :
·         Lembaga keuangan bank
Ketika konsumen dan produsen harus melakukan pembayaran untuk menyediakan fasilitas cek atau kartu kredit. Saat seseorang kelebihan uang maka mereka dapat menitipkan  di Bank dan kemudian Bank menyalurkannya.
·         Lembaga Keuangan Non Bank
Selain Bank,terdapat instituisi keuangan yang perannya dalam ekonomi kadang-kadang mirip dengan Bank,seperti Asuransi,Dana pensiun,Pegadaian,Modal Ventura,Pembiyaan Konsumen dll.

Fungsi/kegunaan perbankan :
1.      Fungsi kredit
2.      Fungsi investasi
3.      Fungsi pembayaran
Melakukan pembayaran barang dan jasa yang dilakukan konsumen dengan menggunakan cek,bilyet,giro,kartu kredit,kartu debet dan lain-lain.
4.      Fungsi tabungan
5.      Fungsi pengelolaan kas
6.      Fungsi penjamin
Menjadi penjamin nasabah yang malakukan transaksi impor barang dan jasa,seperti latters of kredit
7.      Fungsi perantara
Memindahkan tabungan yang diterima dari masyarakat pada sector bisnis (peminjam) untuk pembiyaan pembangunan,perlengkapan dan barang-barang modal lainnya.
8.      Fungsi perlindungan
9.      Fungsi kepercayaan

2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah/pernyataan sebagai berikut :
a.       Bank Indonesia sebagai lender of the last resort
b.      Bank Indonesia sebagai otoritas moneter yang independent
c.       Giro Wajib Minimum,BMPK,LDR.ROA,CAMEL
jawab :
a.       Member pinjaman dalam keadaan darurat kepada bank yang mengalami kesulitan dana dalam jangka pendek.
b.      Pelaksanaan kebijakan moneter melaui berbagai instrument kebijakan merupakan tugas pokok BI. Kalau dahulu BI harus minta ijin atau minta petunjuk pada dewan moneter,maka UU NO 23 memeberikan otoritas penuh untuk melaksanakan instrument yang dimiliki sesuai sasaran yang ditetapkan BI sendiri.
c.       BMPK (Batas Maksimum Pemberian Kredit)
 Ketentuan tidak diperolehkannya bank kredit kepada nasabah tunggal atau nasabah
 grup,yang besarnya melewati 20% dari besarnya modal bank yang bersangkutan.
LDR (Loan to Deposit Ratio)
Rasio antara jumlah kredit yang disalurkan bank dengan jumlah dana yang dihimpun bank.
ROA (Return on Asset)
Mengukur kemampuan asset bank dalam memperoleh keuntungan.
ROE(Return on Equity)
Mengukur kemampuan modal sendiri dalam memperoleh keuntungan bersih bank.
CAMEL
Capital,Asset,Managament,Earning,Liquidity,Equity.

3.      Bank umum pada umumnya mempunyai 6 (enam) kegiatan. Sebutkan kegiatan-kegiatan tersebut dan berikan penjelasan masing-masing secukupnya!
Jawab :
1.      Perkreditan (credit),merupakan kegiatan terbesar yang memberikan kontribusi pendapatan paling banyak bagi perbankan. Pendapatan dari pemberian kredit dapat berupa bunga,provisi,komisi,commitment fee.appraisal fee,supervision fee dan lain-lain.
2.      Pemasaran (marketing),merupakan kegiatan yang diarahkan pada penghimpunan dana dari masyarakat dan lembaga-lembaga keuangan.
3.      Pendanaan (treasury),merupakan kegiatan pengelolaan dana oleh para eksekutif bank. Tujuannya untuk meperoleh kombinasi dana yang efisien serta mengalokasikan dana pada aktiva produktif secara efektif.
4.      Operasi (operations),merupakan kegiatan unit-unit bank yang membantukegiatan unit utama bank. Kegiatannya dapat berupa administrasi pembukuan,penyusunan,laporan keuangan,proses data elektronik,tenaga programming.
5.      Sumber daya manusia (human resources),merupakan kegiatan pengelolaan sumber daya manusia yang meliputi perencanaan,penarikan,seleksi,penempatan,kompensasi,pendidikan & pelatihan,penilaian prestasi kerja dll.
6.      Pengawasan (audit),merupakan kegiatan pengawasan internal & eksternal bank serta pengawasan bank Indonesia.

4.      Didalam menjalakan operasionalnya bank umum dapat memperoleh dana dari pihak ke 1,pihak ke 2,pihak ke 3. Jelaskan masing-masing apa yang dimaksud dengan pihak-pihak tersebut!
Jawab :
1.      Dana pihak kesatu (sumber dana sendiri)
Dana diperoleh dari modal sendiri yang berasal dari pemegang saham.
2.      Dana pihak kedua (sumber dana pihak luar)
Merupakan sumber dana yang berasal dari pihak luar selain masyarakat,yang dapat berupa call money,pinjaman antar bank,pinjaman dari lembaga keuangan bukan bank,pinjaman dari bank sentral (bank Indonesia).
3.      Dana pihak ketiga (sumber dana masyarakat)
Dana yang diperoleh bank dari simpanan masyarakat yang berupa giro,tabungan,deposito,simpanan sementara.

5.      Mengapa bank harus menganalisis nasabah kredit secara hati-hati? Jelaskan factor-faktor 5 C yang anda ketahui dengan disertai contoh?
Jawab :
1.      Character merupakan penilaian watak/karakter dan intergritas calon debitur. Integritas sangat menentukan kemauan membayar kembali kewajibannya.
2.      Capacity merupakan kemampuan calon nasabah dalam mengembalikan pokok pinjaman & bunga dilihat dari kegiatan usaha dan menejemennya. Yang dianalisis biasanya adalah jadwal pembangunan proyek yang dibiayai nasabah dan bank,rencana produksi dan penjualan,proyeksi arus kas,proyeksi laba/rugi,kemampuan menejerial pimpinan perusahaan.
3.      Capital merupakan sejumlah dana yang dimiliki calon nasabah untuk membiayai rencana proyeknya. Perbandingan antara besarnya pembiayaan dari bank dengan modal sendiri yang mampu disediakan nasabah disebut Debt to Equity Ratio (DER). Semakin tinggi DER diartikan semakin jelek kondisi calon nasabah. Kerana,proyek tergantung pada dana perbankan.
4.      Collateral merupakan agunan kredit yang menjadi syarat terlebih dahulu sebelum permohonan kredit disetujui atau dicairkan. Agunan dapat berupa tanah,bangunan,deposito,atau barang-barang lain yang bernilai untuk mengantisipasi resiko kegagalan usaha calon nasabah.
5.      Condition of economy adalah situasi dunia usaha yang perlu menjadi pertimbangan untuk pemberian kredit suatu proyek. Factor-faktor ekonomi yang sering dianalisis adalah struktur pasar industry,ketergantungan impor bahan baku,peraturan yang berlaku,tingkat bunga,inflasi prospek ekonomi regional-nasional-internasional dll.
6.      Constraints merupakan factor penghambat jalannya suatu proyek,seperti factor social,budaya,agama,politik. Misalnya,suatu proyek pembangunan gereja di lingkungan pondok pesantren,tentu sulit untuk dilaksanakan,pendirian peternakan babi yang berlokasi di Sumenep Kabupaten Madura,pasti tidak diberi ijin oleh instasi yang berwenang.

6.      Dibanding Bank Umum,Bank Pengkreditan Rakyat mempunyai peran lebih penting khususnya membantu golongan ekonomi lemah dan kecil,jelaskan?  Mengapa kredit macet di BPR relative rendah dibandingkan yang terjadi di bank umum?
Jawab :
 Karena BPR memiliki segmen pasar tersendiri yang sebenarnya sulit dimasuki oleh bank umum,dilihat dari segi efisiensi usaha maupun rentang kendali dari bank umum. Dan juga BPR mempunyai pelunag yang harus dipertahankan. Untuk memanfaatkan peluang tersebut perlu tindakan lanjut bagi BPR. Tindak lanjut oleh BPR antara lain adalah meningkatkan profesionalisme menejemen BPR agar mampu mengelola BPR menjadi bank yang sehat secara konsisten dengan berlandaskan pada prinsip kehati-hatian,mencakup misi,sasaran,segmen pasar,organisasi,prosedur,pengawasan intern,prosedur pemeberian kredit,resiko dan pemisahan secara tegas antara fungsi kepemilikan dan kepengurusan untuk menghindari pertentangan kepentingan.

7.      Bank syariah memiliki perbedaan yang siginifikan disbanding bank konvensional (berbasis bunga),jelaskan? Menurut anda system perbankan manakah yang lebih menjamin terwujudnya masyarakat adil makmur,bank syariah atau bank konvensional,jelaskan mengapa?
Jawab :
 Menurut saya,bank konvesional lah yang lebih menjamin terwujudnya masyarakat adil makmur. Karena,bank konvesional berbais bunga dan bunganya itu lah yang menjadi sumber dana bagi masyarakat untuk kesejahteraan kehidupan serta pembangunan Negara.

3 komentar:

  1. mau nanya donk, apa kendala utama dalam perkembangan ssstem sewa guna usaha berbasis syariah yang ada di Indonesia? mohon dijawab secepatnya, butuh banget niii...thx u

    BalasHapus
  2. Mau tanya : apakah bisa jika kita ingin membeli ruko minta bantuan bank untuk membelinya dan kita bayar ke bank secara kredit, gmn caranya ? trims.

    BalasHapus
  3. ijin tanya dong.....
    bisa ngga kita pecah pembayaran dari 1 pembayaran ke 2 rekening yang berbeda? pembayaran sendiri berdasarkan atas kerjasama dari 1 rekening saja sebelumnya...
    trims

    BalasHapus