Selasa, 23 November 2010

tanya jawab masalah perbankan


1.      Bank merupakan instituisi keuangan yang paling penting di dalam perekonomian suatu Negara. Jelaskan perbedaan antara lembaga keuangan bank dengan lembaga keuangan non  bank! Bagaimanakah mekanisme transaksi perbankan? Jelaskan fungsi/kegunaaan perbankan bagi anda & masyarakat?
Jawab :
·         Lembaga keuangan bank
Ketika konsumen dan produsen harus melakukan pembayaran untuk menyediakan fasilitas cek atau kartu kredit. Saat seseorang kelebihan uang maka mereka dapat menitipkan  di Bank dan kemudian Bank menyalurkannya.
·         Lembaga Keuangan Non Bank
Selain Bank,terdapat instituisi keuangan yang perannya dalam ekonomi kadang-kadang mirip dengan Bank,seperti Asuransi,Dana pensiun,Pegadaian,Modal Ventura,Pembiyaan Konsumen dll.

Fungsi/kegunaan perbankan :
1.      Fungsi kredit
2.      Fungsi investasi
3.      Fungsi pembayaran
Melakukan pembayaran barang dan jasa yang dilakukan konsumen dengan menggunakan cek,bilyet,giro,kartu kredit,kartu debet dan lain-lain.
4.      Fungsi tabungan
5.      Fungsi pengelolaan kas
6.      Fungsi penjamin
Menjadi penjamin nasabah yang malakukan transaksi impor barang dan jasa,seperti latters of kredit
7.      Fungsi perantara
Memindahkan tabungan yang diterima dari masyarakat pada sector bisnis (peminjam) untuk pembiyaan pembangunan,perlengkapan dan barang-barang modal lainnya.
8.      Fungsi perlindungan
9.      Fungsi kepercayaan

2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah/pernyataan sebagai berikut :
a.       Bank Indonesia sebagai lender of the last resort
b.      Bank Indonesia sebagai otoritas moneter yang independent
c.       Giro Wajib Minimum,BMPK,LDR.ROA,CAMEL
jawab :
a.       Member pinjaman dalam keadaan darurat kepada bank yang mengalami kesulitan dana dalam jangka pendek.
b.      Pelaksanaan kebijakan moneter melaui berbagai instrument kebijakan merupakan tugas pokok BI. Kalau dahulu BI harus minta ijin atau minta petunjuk pada dewan moneter,maka UU NO 23 memeberikan otoritas penuh untuk melaksanakan instrument yang dimiliki sesuai sasaran yang ditetapkan BI sendiri.
c.       BMPK (Batas Maksimum Pemberian Kredit)
 Ketentuan tidak diperolehkannya bank kredit kepada nasabah tunggal atau nasabah
 grup,yang besarnya melewati 20% dari besarnya modal bank yang bersangkutan.
LDR (Loan to Deposit Ratio)
Rasio antara jumlah kredit yang disalurkan bank dengan jumlah dana yang dihimpun bank.
ROA (Return on Asset)
Mengukur kemampuan asset bank dalam memperoleh keuntungan.
ROE(Return on Equity)
Mengukur kemampuan modal sendiri dalam memperoleh keuntungan bersih bank.
CAMEL
Capital,Asset,Managament,Earning,Liquidity,Equity.

3.      Bank umum pada umumnya mempunyai 6 (enam) kegiatan. Sebutkan kegiatan-kegiatan tersebut dan berikan penjelasan masing-masing secukupnya!
Jawab :
1.      Perkreditan (credit),merupakan kegiatan terbesar yang memberikan kontribusi pendapatan paling banyak bagi perbankan. Pendapatan dari pemberian kredit dapat berupa bunga,provisi,komisi,commitment fee.appraisal fee,supervision fee dan lain-lain.
2.      Pemasaran (marketing),merupakan kegiatan yang diarahkan pada penghimpunan dana dari masyarakat dan lembaga-lembaga keuangan.
3.      Pendanaan (treasury),merupakan kegiatan pengelolaan dana oleh para eksekutif bank. Tujuannya untuk meperoleh kombinasi dana yang efisien serta mengalokasikan dana pada aktiva produktif secara efektif.
4.      Operasi (operations),merupakan kegiatan unit-unit bank yang membantukegiatan unit utama bank. Kegiatannya dapat berupa administrasi pembukuan,penyusunan,laporan keuangan,proses data elektronik,tenaga programming.
5.      Sumber daya manusia (human resources),merupakan kegiatan pengelolaan sumber daya manusia yang meliputi perencanaan,penarikan,seleksi,penempatan,kompensasi,pendidikan & pelatihan,penilaian prestasi kerja dll.
6.      Pengawasan (audit),merupakan kegiatan pengawasan internal & eksternal bank serta pengawasan bank Indonesia.

4.      Didalam menjalakan operasionalnya bank umum dapat memperoleh dana dari pihak ke 1,pihak ke 2,pihak ke 3. Jelaskan masing-masing apa yang dimaksud dengan pihak-pihak tersebut!
Jawab :
1.      Dana pihak kesatu (sumber dana sendiri)
Dana diperoleh dari modal sendiri yang berasal dari pemegang saham.
2.      Dana pihak kedua (sumber dana pihak luar)
Merupakan sumber dana yang berasal dari pihak luar selain masyarakat,yang dapat berupa call money,pinjaman antar bank,pinjaman dari lembaga keuangan bukan bank,pinjaman dari bank sentral (bank Indonesia).
3.      Dana pihak ketiga (sumber dana masyarakat)
Dana yang diperoleh bank dari simpanan masyarakat yang berupa giro,tabungan,deposito,simpanan sementara.

5.      Mengapa bank harus menganalisis nasabah kredit secara hati-hati? Jelaskan factor-faktor 5 C yang anda ketahui dengan disertai contoh?
Jawab :
1.      Character merupakan penilaian watak/karakter dan intergritas calon debitur. Integritas sangat menentukan kemauan membayar kembali kewajibannya.
2.      Capacity merupakan kemampuan calon nasabah dalam mengembalikan pokok pinjaman & bunga dilihat dari kegiatan usaha dan menejemennya. Yang dianalisis biasanya adalah jadwal pembangunan proyek yang dibiayai nasabah dan bank,rencana produksi dan penjualan,proyeksi arus kas,proyeksi laba/rugi,kemampuan menejerial pimpinan perusahaan.
3.      Capital merupakan sejumlah dana yang dimiliki calon nasabah untuk membiayai rencana proyeknya. Perbandingan antara besarnya pembiayaan dari bank dengan modal sendiri yang mampu disediakan nasabah disebut Debt to Equity Ratio (DER). Semakin tinggi DER diartikan semakin jelek kondisi calon nasabah. Kerana,proyek tergantung pada dana perbankan.
4.      Collateral merupakan agunan kredit yang menjadi syarat terlebih dahulu sebelum permohonan kredit disetujui atau dicairkan. Agunan dapat berupa tanah,bangunan,deposito,atau barang-barang lain yang bernilai untuk mengantisipasi resiko kegagalan usaha calon nasabah.
5.      Condition of economy adalah situasi dunia usaha yang perlu menjadi pertimbangan untuk pemberian kredit suatu proyek. Factor-faktor ekonomi yang sering dianalisis adalah struktur pasar industry,ketergantungan impor bahan baku,peraturan yang berlaku,tingkat bunga,inflasi prospek ekonomi regional-nasional-internasional dll.
6.      Constraints merupakan factor penghambat jalannya suatu proyek,seperti factor social,budaya,agama,politik. Misalnya,suatu proyek pembangunan gereja di lingkungan pondok pesantren,tentu sulit untuk dilaksanakan,pendirian peternakan babi yang berlokasi di Sumenep Kabupaten Madura,pasti tidak diberi ijin oleh instasi yang berwenang.

6.      Dibanding Bank Umum,Bank Pengkreditan Rakyat mempunyai peran lebih penting khususnya membantu golongan ekonomi lemah dan kecil,jelaskan?  Mengapa kredit macet di BPR relative rendah dibandingkan yang terjadi di bank umum?
Jawab :
 Karena BPR memiliki segmen pasar tersendiri yang sebenarnya sulit dimasuki oleh bank umum,dilihat dari segi efisiensi usaha maupun rentang kendali dari bank umum. Dan juga BPR mempunyai pelunag yang harus dipertahankan. Untuk memanfaatkan peluang tersebut perlu tindakan lanjut bagi BPR. Tindak lanjut oleh BPR antara lain adalah meningkatkan profesionalisme menejemen BPR agar mampu mengelola BPR menjadi bank yang sehat secara konsisten dengan berlandaskan pada prinsip kehati-hatian,mencakup misi,sasaran,segmen pasar,organisasi,prosedur,pengawasan intern,prosedur pemeberian kredit,resiko dan pemisahan secara tegas antara fungsi kepemilikan dan kepengurusan untuk menghindari pertentangan kepentingan.

7.      Bank syariah memiliki perbedaan yang siginifikan disbanding bank konvensional (berbasis bunga),jelaskan? Menurut anda system perbankan manakah yang lebih menjamin terwujudnya masyarakat adil makmur,bank syariah atau bank konvensional,jelaskan mengapa?
Jawab :
 Menurut saya,bank konvesional lah yang lebih menjamin terwujudnya masyarakat adil makmur. Karena,bank konvesional berbais bunga dan bunganya itu lah yang menjadi sumber dana bagi masyarakat untuk kesejahteraan kehidupan serta pembangunan Negara.

12 komentar:

  1. mau nanya donk, apa kendala utama dalam perkembangan ssstem sewa guna usaha berbasis syariah yang ada di Indonesia? mohon dijawab secepatnya, butuh banget niii...thx u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Mau tanya : apakah bisa jika kita ingin membeli ruko minta bantuan bank untuk membelinya dan kita bayar ke bank secara kredit, gmn caranya ? trims.

    BalasHapus
  3. ijin tanya dong.....
    bisa ngga kita pecah pembayaran dari 1 pembayaran ke 2 rekening yang berbeda? pembayaran sendiri berdasarkan atas kerjasama dari 1 rekening saja sebelumnya...
    trims

    BalasHapus
  4. Program Akuntansi Murah


    Apakah perbedaan signifikan antara akun kas bank dan Bank ABC?

    BalasHapus
  5. Halo,
    Allah SWT telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya karena menggunakan Ibu Margaret untuk mengubah situasi keuangan kehidupan saya menjadi lebih baik dan stabil sehingga saya sekarang memiliki bisnis saya sendiri di kota.
    Nama saya Wani Binti Yasin dari kota kuala di Malaysia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Margaret yang telah membantu saya dengan pinjaman yang bagus setelah saya banyak menderita di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya atas uang saya tanpa menawarkan saya sebuah pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Kuala dimana saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawari saya pinjaman dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena ini saya berhutang ke bank dan teman-teman saya dan saya tidak memiliki seseorang untuk dijalankan, sampai satu hari yang setia dimana seorang teman saya menelepon Nur Syarah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman Ibu Margaret, jadi saya harus menghubungi Nur Syarah dan dia memberi tahu saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu Margaret bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi ibu Margaret dan saya terkejut bahwa pinjaman saya telah diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan bagus Mother Margaret
    jadi saya akan saran semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Margaret melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang ibu Margaret melalui saya email: wanibintiyasin@gmail.com dan anda masih bisa menghubungi teman saya Nur Syarah yang mengenalkan saya ke Ibu Margaret via email: nursyarah36@gmail.com
    semoga Allah terus memberkati dan menyayangi Ibu Margaret untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  6. Salam kepada semua orang, Allah pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu ini yang mencuri uang kita dengan menyamarkan uang pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala bentuk ucapan manis seperti memberi pinjaman dengan tingkat bunga rendah 2%, semuanya scam kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley perusahannya adalah satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan sejati yang meminjamkan dengan tingkat bunga 2%, inilah ceritaku, nama saya annisa dari bali pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman itu tidak bisa didapat dari internet, itu mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak kreditor scam saya awalnya skeptis, namun memutuskan untuk mencoba dan melihat kembali ibu Rossa menyetujui permintaan pinjaman saya dan saya telah mengkreditkan pinjaman saya dengan tepat Rp100.000.000,00 ke Rekening BCA saya, saya harus mengakui ketika mendapat uang, saya terkejut dan Masih kaget sampai tanggal, meski ada beberapa yang menolak karena tidak bisa memenuhi syarat pinjaman. Tapi saya dikabulkan karena keseriusan dan ketegaran saya, banyak yang akan menghubungi ibu rossa tanpa menjawab dan ketika pinjaman mereka dibatalkan, mereka akan memohon kepada ibu rossa tapi bagi saya saya serius dan memantau hal-hal dan sebelum saya mengetahuinya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana saya menunjukkan penghargaan untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan dia meminta agar saya membagikan berita tersebut kepada semua orang di sekitar saya di Bali, dan hari ini saya memutuskan untuk menuliskannya di sini sehingga orang tidak akan jatuh pemberi pinjaman palsu yang menuntut biaya pendaftaran, tuntutan ibu hanya untuk keseriusan dan rasa hormat Anda dan pinjaman Anda akan ada di rekening bank Anda dan sekali lagi saya mengatakan bahwa ALLAH memberkati perusahaan pinjaman rossa stanley untuk hal ini baik untuk orang-orang di benua ASIA dan UNITED NATIONS (PBB) untuk mendukungnya, Anda bisa menghubungi pusat layanan pelanggan rossa stanley dengan menulis layanan pelanggan melalui surat ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM, jika Anda ragu dan perlu klarifikasi mengenai apapun atau isu merasa bebas untuk menulis saya ANNISABERKARYA@GMAIL.COM atau suami saya agungabdullahi@gmail.com Saya melakukan dengan sangat baik dalam bisnis restoran saya, dan membayar cicilan pinjaman saya pada saat jatuh tempo, ibu Rossa benar-benar Allah dikirim ke Dunia ini.

    BalasHapus
  7. Nama saya Lady Esther, Anda dipersilakan untuk ACCESS LOANS FIRM tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah pertahanan keuangan menjadi individu kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang ditentukan dan memiliki sumber daya keuangan yang baik selingkuh atau merampok orang dari uang mereka adalah tabu. di mana Anda secara finansial siap untuk mengatasi kekurangan keuangan saya, saya terhenti itulah sebabnya kami datang ke sini untuk memberitahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama dari ACCESS LOANS FIRM adalah untuk menyediakan dana di mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:

    PINJAMAN TERSEDIA YANG KAMI TAWARKAN

    ✓ Pinjaman Pribadi
    ✓Housing Loan,
    ✓ Tagihan rumah sakit
    ✓ Renovasi rumah
    ✓ Perluasan Bisnis
    ✓ Refinancing Perluasan Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
    ✓ Pinjaman Bisnis
    ✓ Pinjaman Investasi

    Jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu agar staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    e-mail:
    HEAD OFFICE (accessloansfirm@gmail.com)
    CABANG MANAJER (estherpatrick83@gmail.com)
    WhatsApp (+1 850-677-1763)

    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena kerja sama bertahun-tahun membuat kami terus berjalan karena penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa stres.
    Terima kasih semua

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  9. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  10. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  11. Hi maretha dan semuanya.

    Karena ini open diskusi tentang perbankan.

    Saya mau tanya seputar tabungan.

    Saya berencana lebaran ini pulang kampung ke sulawesi. Lewat kapal laut.
    Meskipun transit / ganti kapal / turun naik kapal ber kali kali.
    Karena saya takut sekali sama terbang.

    Sedangkan saya berdomisili / menghabiskan waktu untuk bekerja di jakarta.

    Untuk pulang ke sulawesi dengan membawa uang tunai dengan jumlah besar. Sangat beresiko buat saya. Seperi kejambret. Kecopetan. Dihipnotis orang. Dll.

    Nah. Pertanyaan saya :

    1. apa semua bank bisa.
    Jika saya menabung uang di jakarta. Tapi setelah saya sampai di sulawesi. Bisa ditarik lewat atm di sulawesi. ?

    2. bank apa saja yg bisa membuka tabungan di jakarta. Tapi bisa ditarik lewat atm di sulawesi ?

    Soalnya saya dengar selintas tentang peraturan perbankan.
    Seperti. contoh bank bpr j*karta hanya boleh beroperasi / melayani di sekitar jawa barat saja. Bpr sul*wesi hanya boleh beroperasi / melayani di tempat tersebut saja ?

    Mohon penjelasannya ?

    BalasHapus