Kamis, 17 Mei 2012

4 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh se-Asia Versi Forbes


Empat nama perempuan Indonesia ditemukan di antara daftar 50 perempuan pebisnis paling berpengaruh se-Asia yang dikeluarkan oleh majalah Forbes.
Forbes yang tiap tahun membuat daftar semacam itu untuk mengapresiasi pencapaian yang dilakukan para perempuan Asia yang berprestasi dalam bidang industri memasukkan 4 perempuan Indonesia antara lain Siti Hartati Murdaya yang memiliki Central Cipta Murdaya, Shinta Widjaja Kamdani dari Sintesa Group, Wendy Yap pengelola PT Nippon Indosari Corpindo, dan Karen Agustiawan yang menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina.
Berikut adalah profil singkat ke-4 perempuan Indonesia yang berprestasi tersebut:

1. Siti Hartati Murdaya (65 tahun)

siti hartati murdaya 4 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh se Asia Versi Forbes
Siti Hartati Murdaya merupakan pemilik Central Cipta Murdaya bersama sang suami Murdaya Widyamarta Poo. Perusahaan yang ia kelola bergerak dalam bermacam-macam bidang mulai dari real estate, perkebunan, teknologi informasi hingga barang kebutuhan sehari-hari.
Nilai bisnis real estate yang ia jalankan mencapai Rp.9 triliun melingkupi gedung perkantoran, mall, hotel, serta JIEC (Jakarta International Expo Center) yang kerap dijadikan lokasi acara yang bersifat nasional bahkan internasional. Saat ini, Siti Murdaya juga tercatat sebagai anggota Komite Ekonomi Nasional.

2. Karen Agustiawan (53 tahun)

20110104112046karen agustiawan 4 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh se Asia Versi Forbes
Karen Agustiawan merupakan perempuan pertama yang memegang jabatan sebagai Direktur Utama Pertamina. Karirnya di dunia bisnis migas diawali tahun 1984 ketika ia mengabdi pada Mobil Oil and Halliburton Indonesia.
Kemudian karirnya melesat bersama Pertamina yang akhirnya menghantarkannya pada posisi staf ahli untuk direktur hulu pada 2006 sebelum ditunjuk menjadi direktur utama pada 2009.

3. Sinta Widjaja Kamdani (45 tahun)

shinta widjaja kamdani 4 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh se Asia Versi Forbes
Shinta Widjaja Kamdani merupakan perempuan termuda Indonesia yang masuk ke daftar yang dirilis Forbes. Shinta merupakan putri pengusaha kaya raya Johny Widjaja.
Shinta merupakan wakil negara Indonesia bersama 12 WNI lainnya yang mendapat kesempatan untuk bertatap muka dengan Presiden Obama guna berbincang-bincang soal pengembangan industri di negara-negara berkembang seperti Indonesia di Washington.
Perusahaan Sintesa Group yang ia pimpin memiliki setidaknya 17 perusahaan yang bergerak di banyak bidang mulai dari real estate hingga barang konsumsi sehari-hari.

4. Wendy Yap (55 tahun)

show image NpAdvSinglePhoto.php  4 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh se Asia Versi Forbes
Wendy Yap lahir di dalam keluarga yang bisa dibilang amat makmur. Ayahnya adalah Piet Yap yang mendirikan Bogasari Flour Mills. Wendy sendiri juga sukses dalam berbisnis setelah perusahaan yang ia dirikan sekitar 16 tahun lalu, Nippon Indosari Corpindo, mampu berdiri tegak hingga sekarang.
Saat ini ia tercatat sebagai Presiden Direktur sekaligus CEO PT Nippon Indosari Corpindo dengan produk paling terkenal Sari Roti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar