Jumat, 15 Juli 2011

Inilah Alasan Kenapa Wanita Lebih Cepat Mabuk

Untuk Anda para wanita, berhati-hatilah dalam mengonsumsi minuman beralkohol. Efek negatif alkohol ternyata muncul lebih cepat pada wanita dibandingkan pria.



Bukan hanya lebih cepat mabuk, wanita juga berisiko lebih cepat terkena penyakit akibat konsumsi alkohol.

Pada pria dan wanita, pengolahan alkohol di liver melalui proses metabolisme dengan tingkat yang sama. Yang membedakan, kondisi cairan tubuh pria dan wanita. Dalam tubuh pria terdapat 65 persen cairan, sementara wanita 55 persen.

"Alkohol diserap dalam darah kemudian dibawa oleh sel-sel cairan. Karena wanita memiliki cairan tubuh lebih sedikit dibandingkan pria, konsentrasi alkohol dalam darahnya bisa lebih tinggi meskipun mengonsumsi jumlah alkohol yang sama," kata Dr Marsha Morgan, dari University College London Medical School, seperti dikutip dari Daily Mail.
Kondisi liver wanita sebenarnya tidak lebih sensitif daripada liver pria. Hal yang membedakan dan membuat efek negatif alkohol muncul lebih cepat pada wanita adalah konsentrasi alkohol yang mencapai liver wanita jauh lebih besar, sehingga livernya lebih cepat rusak.

Dr Morgan menggambarkan jika seorang pria dan wanita yang memiliki berat badan sama, diberikan minuman dengan kadar alkohol yang sama, konsentrasi alkohol pada liver tetap akan berbeda. Konsentrasi alkohol pada liver wanita akan lebih tinggi daripada pria.

"Seorang pria dengan berat 65 kilogram, yang mengonsumsi tiga gelas minuman beralkohol, kadar alkohol dalam darahnya akan sama dengan wanita dengan berat 65 kilogram yang hanya mengonsumsi dua gelas minuman beralkohol," kata dr Morgan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar