Kamis, 16 Juni 2011

10 Aturan Bergaya "Color-Blocking"


Padukan busana warna cerah dengan sepatu nude (DVF, kiri). Pilih jeans atau celana panjang warna cerah dengan atasan bermotif garis (Isabel Marant, kanan).
 Tren fashion paling diminati pada 2011 ini adalah color blocking. Pekan mode untuk koleksi spring/summer 2011 menampilkan para model dalam warna-warna cerah, seperti terlihat pada koleksi Jil Sanders, Missoni, dan Diane von Furstenberg (DVF). Namun, bagaimana menerapkan gaya ini dalam penampilan sehari-hari tanpa terlihat terlalu meriah? Berikut cara memadukannya.

Kombinasi warna yang tepat
Tidak semua warna tampak pas ketika dipadupadankan. Anda perlu memilih kombinasi warna yang tepat untuk mendapatkan efek yang maksimal. Warna-warna yang bisa ditabrakkan antara lain pink dan ungu, oranye dan biru, merah dan pink, serta biru cerah dan merah. Koleksi Jil Sander untuk spring/summer 2011 bisa ditiru untuk mendapatkan kombinasi warna yang asyik.
Semakin terang semakin baik
Jika Anda mengenakan color blocking dari kepala hingga kaki, pastikan warna-warnanya secerah mungkin. Warna-warna pucat dan pastel akan terkesan nanggung, tak peduli sebanyak apa pun warna yang Anda tabrakkan.

Jins selain biru dan hitam
Item yang bisa dilibatkan dalam permainan warna adalah jins. Anda menemukan jins berwarna merah, hijau, atau pink? Jangan ragu memakainya. Apabila Anda kurang berani memakai warna-warna yang terang untuk jins, coba aplikasikan koleksi spring/summer 2011 dari Isabel Marant. Padukan dengan sweater polos atau t-shirt warna kelabu muda.
Kombinasikan bahannya
Agar warna terang yang Anda pilih tidak terkesan terlalu panas, pilih bahan sutra, satin, dan taffeta dalam warna-warna terang. Contohnya seperti pada koleksi spring/summer 2011 dari Diane von Furstenberg. Kombinasi bahan ini akan menambahkan kesan glamor pada penampilan Anda, dan memberikan kombinasi warnanya yang terang terasa lebih mewah.
Satu naungan warna
Jika Anda tidak cukup berani menabrakkan warna, Anda masih dapat mengenakan tren ini dengan memakai satu warna dari naungan warna yang sama dari atas ke bawah. Contohnya, Anda bisa memakai gaun maxi berwarna kuning cerah, pink, atau merah cerah, seperti pada koleksi spring/summer 2011 dari Michael Kors dan Lanvin.

Padukan dengan "t-shirt" putih
Show dari Moschino Cheap and Chic memperlihatkan celana panjang warna cerah dengan t-shirt warna putih yang simpel. Pilih kaos dari bahan katun dan sutra yang akan bertumpuk dengan baik. Bahan ini akan melengkapi celana panjang atau rok warna cerah dengan cantik.
Aksesori berwarna
Tak mau mengenakan pakaian yang serba berwarna cerah? Kenakan saja satu atau dua aksesori dalam warna-warna yang menyolok. Misalnya, clutch warna pink, sepatu warna kuning neon, gelang biru, atau belt oranya. Seru, kan? Aksesori itu akan cukup mencuri perhatian tanpa membuat Anda merasa tak nyaman.
Padukan warna cerah dengan yang netral
Untuk memberikan sentuhan yang lebih ringan, kenakan satu item dengan warna yang cerah, lalu pilih warna yang netral untuk sisanya. Misalnya, shift dress warna merah, biru, atau oranye pasti akan berpadu sempurna dengan sepatu wedge warna nude.
Kenakan motif garis dalam warna cerah
Koleksi L.A.M.B milik Gwen Stefani dan Marc Jacobs sama-sama menampilkan baju terusan dengan motif garis dalam warna seperti biru dan merah. Begitu pula pada koleksi Isabel Marant dan Jil Sander. Anda tinggal memadukannya dengan high heels atau wedges warna nude.
Pastikan warnanya cocok untuk ke kantor
Banyak koleksi brand kelas menengah, seperti Zara atau Topshop menawarkan koleksi pakaian yang warnanya menyolok tanpa mengorbankan keseriusannya. Agar tren ini juga bisa dipakai untuk ke kantor, pilih setelan dalam warna-warna yang cerah. Contohnya, ganti blazer Anda yang berwarna biru tua dengan warna biru yang lebih muda. Untuk mengurangi kesan colorful-nya, kenakan dalaman berwarna putih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar