Jumat, 17 Juni 2011

Gosip Juga Bisa Bermanfaat, Lho!

Rumor itu bisa kejam dan berdampak negatif. Namun, studi terbaru menyatakan, gosip juga dapat memiliki dampak yang positif bagi Anda. Menurut para peneliti dari Northeastern University, Boston, adanya gosip dapat membantu seseorang memprediksikan, siapa kiranya orang yang berpotensi untuk mengancam mereka.

Pada riset yang dilakukan universitas ini, para responden akan diperlihatkan gambar beragam orang. Ternyata, saat melihat gambar seseorang yang dikenalnya memiliki reputasi kurang baik, responden akan menatap gambar itu lebih lama. Sementara, apabila melihat gambar seseorang disertai informasi yang positif ataupun netral seputarnya, responden akan menghabiskan waktu lebih sedikit untuk mengamati. Hal ini juga terjadi pada saat responden diperlihatkan gambar orang-orang yang baru ia lihat untuk pertama kali dan tidak dikenal.

Sebagai hasil dari riset yang dimuat pada jurnal Science ini, ahli menyimpulkan bahwa gosip dapat membantu Anda dalam pergaulan. Dengan memantau gosip yang beredar, Anda akan tahu mana orang yang bisa dijadikan teman dan mana yang sebaiknya dijauhi. Ini bisa diketahui tanpa harus menghabiskan waktu bersama mereka terlebih dulu. Cukup dengarkan seperti apa gosip yang beredar tentang diri Anda di luar dan siapa yang menyebarkannya, maka Anda akan paham seperti apa opini orang itu terhadap Anda."Adanya 'bekal' berupa gosip juga dapat melindungi Anda dari bahaya penipuan. Sebab, sebelum orang ini beraksi, Anda telah lebih dulu menggali informasi serta mengamati mereka," begitu kata para peneliti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar