Jumat, 17 Juni 2011

4 Kiat Belanja Barang Diskon

 Program diskon belanja besar-besaran memang menggiurkan. Boleh jadi Anda sudah menunggu momen ini, saat berbagai merek ternama ditawarkan dengan diskon besar. Atau koleksi fashion incaran Anda kini terpajang dengan harga yang lebih terjangkau. Program seperti Jakarta Great Sale, bagi sebagian orang, terutamanya perempuan, menjadi surga belanja yang menyejukkan.

Meski menggiurkan, Anda tetap perlu mengontrol diri belanja produk diskon. Pengusaha ritel fashion Dandan Hamdani berbagi trik berburu barang diskon kepada Kompas Female, berikut ini:

1. Perhatikan apakah barangnya adalah barang season sebelumnya atau tahun lalu. Kemampuan memilah dan memilih barang seperti ini akan lebih mudah jika Anda memang seorang brand addict. Dengan kemahiran memilih barang ini, Anda takkan menyesal belanja koleksi yang disukai.

2. Perhatikan kondisi barang terutama untuk produk diskon boks. Cek lagi, apakah ada jahitan yang lepas? Apakah ada noda yang sulit dihilangkan? "Barang yang sale di atas 70 persen umumnya barang sisa display, last stock, atau bahkan barang cacat produksi, jadi harus hati-hati." kata Dandan.

3. Jangan mudah tergiur dengan promo seperti diskon 70 persen + 20 persen. Promo ini bukan berarti diskon 90 persen. Hitungannya adalah seperti ini, jika harga normal Rp 100.000 dengan diskon 70 persen, maka harga barunya Rp 30.000, dan diskon lagi 20 persen sehingga harga terbarunya lagi adalah Rp 24.000. Jadi diskon yang sebenarnya adalah 86 persen bukan 90 persen.

4. Jangan mudah tergiur dengan program Gift with Purchase berupa voucher. Misalnya, belanja minimal harga Rp 250.000 mendapat voucher belanja Rp 50.000 untuk pembelanjaan berikutnya. Ini artinya bukan diskon 20 persen. Tetapi maknanya adalah voucher Rp 50.000 dibagi jumlah harga dua barang tersebut. Jika dijumlah, diskon sebenarnya kurang dari 20 persen.

Selamat berbelanja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar