Selasa, 23 November 2010

1 dari 4 Perempuan Gemuk Menganggap Berat Badannya Normal

Galveston, Texas, Gaya hidup moderen telah mengubah pandangan orang tentang kegemukan, bahkan di kalangan perempuan yang umumnya lebih sensitif soal penampilan. Penelitian membuktikan 1 dari 4 perempuan gemuk tidak merasa ada masalah dengan berat badannya.

Penelitian yang dilakukan di University of Texas Medical Branch di Galveston ini melibatkan 2.200 orang dewasa dalam usia produktif, antara 20-39 tahun. Lebih dari setengahnya memiliki indeks masa tubuh di atas normal.

Secara umum terungkap 30 persen orang dewasa yang overweight merasa berat badannya masih normal. Sekitar 70 persen penderita obesitas menganggap dirinya hanya overweight, sementara 39 persen penderita obesitas hanya menganggapnya sebagai overweight parah.

Seoeran ilmuwan yang memimpin penelitian itu, Mahbubur Rahman menganggap penyebabnya adalah perubahan norma dan gaya hidup moderen. Di masa kini, punya tubuh gemuk sudah dianggap sebagai hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

"Di manapun, kita bisa menemukan orang yang overweight namun menganggap wajar kelebihan berat badan yang dialaminya," ungkap Rahman seperti dikutip dari Healthday, Selasa (23/11/2010).

Kecenderungan ini berlaku juga pada kaum perempuan, yang umumnya sangat memperhatikan bentuk dan berat badan. Terungkap dalam penelitian ini, hanya sedikit perempuan yang merasa berat badannya terlalu gemuk.

Di antara para responden perempuan yang mengalami overweight, 23 persen di antaranya menganggap berat badannya lebih rendah dari yang sesungguhnya. Hanya sekitar 16 persen responden perempuan dengan berat badan normal yang menganggap dirinya terlalu gemuk.

Selain mengganggu penampilan, kelebihan berat badan juga merupakan faktor risiko berbagai penyakit serius seperti diabetes dan berbagai masalah jantung dan pembuluh darah. Kegemukan yang hanya terjadi di perut atau obesitas sentral lebih berbahaya dibanding kegemukan yang merata di seluruh tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar