Rabu, 24 November 2010

15 Fakta Unik Seputar Payudara

TAHUKAH Anda? Payudara berukuran kecil ternyata dianggap lebih menarik di abad pertengahan. Atau, pernahkah Anda membayangkan menggunakan bola kaca, gading, dan tulang rawan lembu jantan sebagai implan untuk memperbesar payudara?

Sebagai bagian tak terpisahkan dari anatomi tubuh perempuan, banyak fakta menarik seputar payudara yang masih jarang diketahui oleh umum. Nah, berikut ini beberapa di antaranya:
  1. Berat rata-rata payudara yakni 500 gram, dan mengandung sekitar 4-5 persen total lemak tubuh.
  2. Sama seperti penis pada lelaki, payudara juga membengkak ketika terangsang.
  3. Ketika ereksi, puting susu perempuan bisa mencapai panjang sekitar 1 cm.
  4. Ukuran rata-rata payudara di Amerika Serikat (AS) saat ini adalah 36C. Sementara itu, 15 tahun yang       lampau ukuran rata-ratanya adalah 34B.
  5. Payudara berukuran besar tidak menarik bagi manusia abad pertengahan. Pada masa itu, payudara  berukuran kecil dan berjarak lebar dianggap lebih sempurna.
  6. Pada 2008, terdapat 307.230 operasi pembesaran payudara di AS. Prosedur tersebut menduduki peringkat pertama setelah operasi hidung (279.000) dan sedot lemak (245.000).
  7. Biaya yang dibutuhkan untuk operasi tersebut rata-rata sekitar US$3.700, dan itu baru untuk implan awal. Perempuan biasanya perlu melakukan operasi tambahan untuk memperbaiki keretakan, gelombang, dan kerutan pada payudara.
  8. Barangkali itu sebabnya sebanyak 20.967 perempuan memilih mengeluarkan implannya pada 2008. Lucunya, sebanyak 17.902 operasi pengangkatan jaringan payudara dilakukan oleh laki-laki.
  9. Hingga saat ini, para dokter bedah telah mencoba berbagai jenis implan yang akhirnya membawa bencana, mulai dari gading, bola kaca, karet, tulang rawan lembu jantan, poliester, serta injeksi silikon. Metode terakhir merupakan metode operasi yang populer di tahun 1960-an, dan menjadi penyebab sejumlah komplikasi kesehatan seperti granuloma dan kerusakan rupa.
  10. Sheyla Hershey dinobatkan sebagai pemilik impan payudara terbesar, dengan volume implan 10.000 cc.
  11. Bra sebagai pakaian dalam perempuan telah diciptakan sejak abad ke-7 SM. Akan tetapi, produksi besar-besaran baru dimulai pada 1930-an. Saat ini, industri bra mengeruk pendapataan sebesar US$16 miliar per tahun.
  12. Di beberapa tempat di dunia, perempuan yang enggan mengenakan bra dilegalkan tampil topless di Hawaii, Texas, Ohio, Maine, dan New York. Akan tetapi, mereka masih bisa terjerat hukum ketentraman publik. Sementara itu, perempuan yang tertangkap tampil topless di sepanjang pantai Dubai dijebloskan ke penjara selama enam bulan.
  13. Dibandingkan dengan susu sapi, payudara perempuan menghasilkan susu yang terasa lebih manis, lebih banyak vitamin E, zat besi, asam lemak esensial, serta lebih sedikit sodium.
  14. Sebanyak 5 persen bayi yang baru lahir mengeluarkan susu pada dua bulan pertama setelah dilahirkan. Fenomena ini disebut sebagai ''witch's milk'' dan dialami oleh kedua jender.
  15. Hindari merokok jika tidak ingin payudara Anda kendur. Zat-zat kimia yang terkandung di dalam rokok merusak elastin kulit sehingga membuat payudara 'turun'. (*/OL-08)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar