Selasa, 23 November 2010

Wanita Ini Menopause di Usia 28 Tahun

Wanita menopause, itu pasti. Hilangnya kemampuan reproduksi akibat perubahan hormon seiring penuaan ini, umumnya menimpa wanita usia 45 tahun ke atas. Lantas, bagaimana dengan Katy Hayward, wanita asal Inggris, yang menopause di usia 28 tahun?

Seperti dikutip dari laman BBC, Katy terkejut mendengar diagnosis dokter. Apalagi, dokter mengatakan bahwa di usianya yang kini sudah 30 tahun, tak ada lagi pengobatan atau terapi untuk mengembalikan kemampuan reproduksinya.

Upaya menyelamatkan sel telurnya sudah terlambat. Harapan, satu-satunya hanya donor telur, tapi itu juga tak mudah. "Saya sangat syok," kata Katy. "Memiliki anak adalah kebanggaan seorang wanita."

Dr Beth Cartwright dari Unit Penelitian Menopause di Guy's Hospital London mengatakan, belum ada penjelasan medis yang cukup detail tentang menopause dini ini. Diperkirakan hanya satu dari setiap 1.000 wanita yang mengalami menopause di bawah usia 30 tahun.

Menopause ditandai dengan perubahan hormonal akibat berkurangnya produksi estrogen. Kondisi ini tak hanya memengaruhi kesuburan, tapi juga meningkatkan risiko tulang rapuh, serangan jantung, dan stroke.

Sejauh ini, Unit Penelitian Menopause di Guy's Hospital masih terus melakukan percobaan dan penelitian demi menemukan pencegahan dan pengobatan menopause dini pada wanita. Ini membuat Katy masih berani berharap bisa memiliki anak dari rahimnya suatu saat nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar